Mata Kuliah Manajemen Bisnis | Mengelola Sumber Daya Manusia

2 comments

Mata Kuliah Manajemen Bisnis | Mengelola Sumber Daya Manusia





Transcript

  • 1. LOGO Mengelola Sumber Daya Manusia Igo Febrianto, S.E.,M.Sc.
  • 2. LOGO www.themegallery.com Manajemen Sumber Daya Manusia  SDM adalah motor penggerak dalam mencapai tujuan usaha yang perlu dikelola secara profesional  Pengelolaan SDM dikenal dengan MSDM
  • 3. LOGO www.themegallery.com Ruang Lingkup MSDM  Desain organisasional  Staffing  Komunikasi dan Humas  Kinerja manajemen  Sistem Reward, Benefit dan Pemenuhan  Pengembangan Karyawan dan Organisasi
  • 4. LOGO www.themegallery.com  Desain Operasional  Meliputi perencanaan tugas pekerjaan berdasarkan interaksi orang, teknologi dan tugas untuk mencapai tujuan perusahaan; contoh; analisis jabatan, desain jabatan, tim kerja  Staffing  Aliran SDM ke-, melalui- dan dari- organisasi; contoh; penarikan tenaga kerja, seleksi, orientasi karyawan, promosi
  • 5. LOGO www.themegallery.com  Komunikasi dan Humas  Penyebaran informasi di antara pekerja, manajemen dan pelanggan dan lembaga di luar organisasi lainnya; contoh; riset karyawan, survey dan observasi, publikasi  Kinerja Manajemen  Pengukuran, monitoring dan evaluasi individu, unit atau tingkat kinerja secara keseluruhan
  • 6. LOGO www.themegallery.com  Sistem Reward, Benefit dan Pemenuhan  Meliputi kegiatan memperhitungkan dan membagi reward/punishment (contoh; kompensasi dan pemotongan) dan manfaat yang dapat diperoleh karyawan (contoh; asuransi, keselamatan kerja)  Perusahaan juga perlu memperhatikan imbalan intrinsik dan imbalan ekstrinsik  Pengembangan Karyawan dan Organisasi  Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan SDM untuk menghadapi perubahan dan persaingan
  • 7. LOGO www.themegallery.com Sumber Competitive Advantage  Pemenuhan kebutuhan dan kepuasan pelanggan  Sumber daya yang paling sulit ditiru karena bersifat unik
  • 8. LOGO www.themegallery.com Motivasi  Motivasi adalah hal/sesuatu yang mendorong seseorang berbuat sesuatu  Motivasi dapat bersifat intrinsik atau ekstrinsik
  • 9. LOGO www.themegallery.com Efforts of employees to create and produce a quality product Firm’s Expenses Firm's Earnings Firm's Value Firm’s Revenue Efforts of employees to sell the product Efforts of employees to achieve low financing costs Efforts of employees to achieve efficient (low-cost) production and marketing Motivation and Performance
  • 10. LOGO www.themegallery.com Ciri-Ciri Motivasi  Majemuk  Dapat berubah-ubah  Berbeda-beda bagi tiap individu  Ada beberapa motif yang tidak disadari oleh individu yang bersangkutan
  • 11. LOGO www.themegallery.com Teori Motivasi  Teori Kepuasan; menitikberatkan pada faktor-faktor yang ada dalam diri seseorang, yang menggerakkan, mengarahkan, mendukung dan menhentikan perilaku  Teori Proses; menitikberatkan pada bagaimana perilaku itu digerakkan, diarahkan, didukung dan dihentikan
  • 12. LOGO www.themegallery.com Teori Kepuasan  Teori Hierarki Kebutuhan-Maslow  Teori dua Faktor Herzberg  Teori ERG Alferder  Teori Kebutuhan Mc Clelland
  • 13. LOGO www.themegallery.com Maslow’s Hierarchy of Needs Physiological Safety Needs Social Needs Esteem Needs Self-Actualization Maximization of potential. Respect, recognition. Social interaction. Job security. The basics: food, shelter, and clothing. Theory: Orang-Orang harus memenuhi kebutuhan yang lebih rendah dalam rangka meningkat kepada kebutuhan yang lebih tinggi.
  • 14. LOGO www.themegallery.com Herzberg  Policies  Supervision  Working Conditions  Money  Status  Job Security  Achievement  Recognition  Challenging Work  Responsibility  Opportunities for advancement  Personal growth opportunities Hygiene Factors (Environmental) Motivator Factors (The Job Itself)
  • 15. LOGO www.themegallery.com Teori Proses  Teori Ekspektasi  Teori Pembentukan Perilaku  Teori Keadilan
  • 16. LOGO www.themegallery.com Expectancy Theory •Teori: Suatu usaha pekerja dipengaruhi oleh hasil yang diharapkan (penghargaan). Dua kebutuhan: • Penghargaan yang diinginkan. • Kesempatan penerima penghargaan
  • 17. LOGO www.themegallery.com Equity Theory Joe 50% Mary 30% Ron 20% Example: $100,000 bonus to be divided based on relative contribution to a project: Joe: $50,000 Mary: $30,000 Ron: $20,000 Teori: kompensasi harus wajar, atau yang sebanding, sesuai dengan kontribusi masing-masing pekerja
  • 18. LOGO www.themegallery.com Penerapan Teori  Manajer harus hati-hati menyikapi perbedaan kebutuhan, keinginan, dan tujuan karena terdapat keunikan pada masing-masing individu  Manajer harus memahami proses motivasi dan bagaimana individu membuat pilihan yang berdasarkan pilihan penghargaan dan pencapaian

2 komentar

wis sangat membantu mas
insanilahi33.blogspot.com