Tips Memilih Buah Jambu Biji Berkualitas Bagus

No comments

Tips Memilih Buah Jambu Biji Berkualitas Bagus

Tips Memilih Buah Jambu Biji Berkualitas Bagus
Jurnalis : DEVI SETYA LESTARI  





JAMBU biji termasuk buah yang lezat, buah ini dapat dimakan langsung atau dibuat menjadi bahan campuran minuman atau jus. Sebelum menyantap atau membuat minuman segar dari buah jambu, sebaiknya perhatikan cara memilih buah jambu yang matang dan berkualitas bagus.

Dilansir dari WikiHow, Kamis (9/7/2015), berikut beberapa tips yang bisa menjadi perhatian Anda ketika hendak membeli buah jambu. Tips berikut bisa menghindari Anda membeli buah jambu busuk atau berkualitas jelek.
Periksa warna jambu
Secara alami, buah jambu biji memiliki warna hijau. Jika jambu sudah menuju tingkat kematangan, maka warna hijau terang akan perlahan berubah menjadi hijau kekuningan atau hijau yang lebih muda. Warna hijau kekuningan ini terlihat merata di seluruh bagian kulit buah jambu. Perhatikan juga bagian permukaan kulit buah jambu, jika terdapat cacat atau berlubang bekas dimakan serangga maka beralihlah ke jambu lainnya.
Cium aromanya
Jambu biji yang telah matang memiliki aroma khas jambu yang wangi. Jika aroma jambu tidak tercium meskipun Anda sudah mendekatkan ke arah hidung, itu menandakan jambu belum matang sempurna. Jambu biji yang telah matang memiliki aroma manis yang sudah bisa dirasakan sebelum mendekatkan jambu ke arah hidung.
 
Pilih jambu bertekstur lunak
Terakhir, ketika hendak membeli buah jambu, jangan hanya melihat penampakannnya yang besar dan mulus. Perhatikan juga teksturnya, jambu biji yang bagus adalah yang tingkat kematangannya pas. Hal ini bisa ditandai dengan tekstur buah yang lunak. Semakin matang dan lunak jambu biji, maka semakin manis dan lezat rasanya. Cara mengetahuinya yakni dengan menekan perlahan, jika permukaan jambu terasa empuk maka jambu sudah matang.