Ini Tips dari Trend Micro Demi Cegah Ransomware

No comments

Ini Tips dari Trend Micro Demi Cegah Ransomware

Ilustrasi: We Hate MalwareMetrotvnews.com Jakarta: Ransomware dikenal sebagai salah satu jenis serangan malware yang sangat canggih. Tak mudah bagi pengguna awam untuk melakukan pengamanan dan perlindungan secara rutin.Berikut beberapa tips bermanfaat yang dapat dilakukan pengguna untuk menghindarkan diri dari serangan tersebut:

Backup file secara reguler: lakukan langkah 3-2-1 sebagai berikut: 3 salinan data berharga Anda di 2 perangkat berbeda dan 1 dari 2 salinan tersebut diletakkan di lokasi yang berbeda.

Bookmark situs-situs favorit yang biasa dituju: Penyerang dapat dengan mudah menyisipkan kode berbahaya ke URL, kemudian mengarahkan pengguna yang ceroboh ke situs-situs yang sudah ditanami dengan ransomware, supaya ransomware tersebut terunduh tanpa mereka sadari.

Melakukan bookmark pada situs-situs tertentu yang menjadi langganan kunjungan akan menghindarkan Anda dari salah mengetikkan alamat situs di kolom perambahan.

Verifikasi sumber email maupun tautan di dalamnya: dituntut kehati-hatian ekstra dari pengguna untuk menempuh langkah-langkah verifikasi ini. Tetaplah waspada saat mengeklik tautan maupun lampiran dalam email. Supaya lebih yakin, verifikasi setiap email yang masuk dengan sungguh-sungguh dan siapa pengirimnya sebelum terlanjur mengeklik.

Terakhir, selalu perbarui software keamanan Anda. 
ABE