SUPER KOMPUTER ( KOMPUTER TITAN)

No comments

SUPER KOMPUTER ( KOMPUTER TITAN)





Sejarah Komputer Titan


Titan Berada Laboratorium Nasional Oak Ridge (ORNL) di negara bagian Tennessee, Amerika Serikat .Titan sebenarnya adalah pembaruan dari komputer terbaik dunia keluaran ORNL sebelumnya, Jaguar. Menurut Bland, unit baru ini hampir sama ukurannya dengan Jaguar, namun 10 kali lebih dahsyat. Komponennya mengisi ruangan seluas lapangan basket dengan tinggi 2,5 meter. Seharga US$100 juta, Titan diharapkan dapat membantu peneliti di banyak bidang. “Titan akan memungkinkan ilmuwan melakukan simulasi sistem fisik yang lebih realistis dan jauh lebih detil,” ujar James Hack, Direktur Pusat Ilmu Komputasi Nasional di ORNL.

            Titan merupakan hasil terakhir dalam kompetisi untuk menghasilkan komputer super tercepat di dunia. Titan kini menempati Posisi Runner-Up satu level di bawah komputer Tianhe (china) dari 500 Top Super Komputer di dunia. Titan menggunakan sedikit energi dibandingkan Jaguar, dan ketika dalam sebuah proses yang cepat dibutuhkan hasilnya 5 kali lebih efisien.

2.     Spesifikasi Titan

Titan adalah superkomputer yang digunakan oleh Oak Ridge National Laboratory yang memiliki kinerja tercepat di dunia dengan kemampuan komputasi mencapai 17,59 petaflops dengan pemakaian daya mencapai 8,21 megawatt. Bandingkan dengan IBM Sequoia dengan kinerja 16,32 petaflops dengan konsumsi daya 7,09 megawatt.

      Tabel Perbandingan Spesifikasi Komputer Jaguar dan Komputer Titan

Kinerja 17,59 petaflops atau 17 ribu kalkulasi per detik yang dihasilkan oleh Titan ini berasal dari gabungan kinerja prosesor dan GPU (Graphics Processing Unit). Titan ditenagai oleh 18.688 prosesor AMD Opteron 6274 16-core dengan total 299.008 core prosesor AMD.

Sementara untuk grafis, Titan ditenagai oleh grafis dari Nvidia Tesla K20X yang juga berjumlah 18.688 dengan total jumlah core grafis mencapai 50.233.344 core grafis Nvidia.

Tidak hanya itu, superkomputer Titan yang terdiri dari 18.688 node komputasi ini masing-masing dilengkapi dengan memori RAM 32GB DDR3 dan memori grafis 6GB GDDR5, sehingga total memori RAM prosesor dan grafis mencapai 710TB.

Seperti yang dilansir Anandtech (12/11/2012), superkomputer Titan ini mengkonsumsi daya hingga 9 megawatt saat beban penuh. Kinerja yang dihasilkan superkomputer Titan ini menempati posisi Runner-up di daftar Top 500 superkomputer tercepat di dunia berada satu level di bomputer Tianhe dari China.

Titan terdiri dari 200 kabinet, tiap kabinet sebesar kulkas berukuran besar. Ini membuat besarnya Titan hampir seluas lapangan basket. Belum lagi kebisingan yang diciptakannya. Siapapun yang berada di dekat Titan lebih dari 15 menit, harus menggunakan pelindung telinga khusus jika tidak ingin mengalami kerusakan pendengaran permanen. Kebisingan ini bukan dikeluarkan oleh komputernya, tetapi oleh kipas dan pendingin air disekitarnya.

      Titan Supercomputer Gunakan GPU Sebagai Akseleratornya

Titan memang lebih cepat dan efisien tetapi ukurannya sama seperti pendahulunya, Jaguar, yang berukuran luas 1 buah lapangan basket dengan setinggi kulkas. Uniknya sebagian besar unitnya adalah Graphic Processing Unit (GPU) yang biasa digunakan komputer untuk game tetapi dalah hal ini digunakan untuk mempercepat Central Processing Unit (CPU).

Titan adalah mesin dengan sistem Cray-XK7 pertama yang menggunakan akselerator mutakhir NVIDIA, Tesla K20. GPU yang digunakan Titan tidak berbeda dari komputer yang digunakan untuk game.

Memadukan GPU dan CPU menjadi satu bukanlah hal yang baru tetapi hal ini belum pernah dilakukan pada skala seperti Titan ini. Program yang nantinya akan dijalankan pada Titan mencakup  program di bidang ilmu material, perubahan iklim, biofuel, astrofisika, pembakaran dan energi nuklir.

Penggunaan Titan dapat berdampak lebih efisien, bersih, cepat dan murahnya pengujian obat-obatan, pemodelan iklim dan bahkan pengembangan komputer masa depan dengan performa tinggi.

Dikatakan oleh Jeremy Smith, Kepala di Universitas Tennessee dan Direktur dari  Center for Molecular Biophysics at Oak Ridge National Laboratory bahwa hal ini akan membuka cakrawala baru dari proses perhitungan sebuah komputer yang tidak bisa dibayangkan sebelumnya.

Pihak dari NVIDIA mengatakan bahwa bukan tidak mungkin komputer super digunakan sebagai multi-user game dengan skala masif dan global.



3.     Fungsi Dan Kegunaan komputer Titan

Dilihat dari sejarahnya saja bisa dibilang super komputer digunakan untuk keperluan khusus dan digunakan untuk orang-orang khusus dan tentu saja super komputer memiliki kemampuan yang luar biasa melebihi komputer-komputer biasa.

Lalu apa sebenarnya dibuat atau diciptakanya super komputer? super komputer sendiri diciptakan untuk keperluan yang sangat besar atau bisa menyangkut orang-orang besar, berikut ini fungsi super komputer atau alasan super komputer Titan diciptakan.

      Titan di gunakan dalam beragam bidang riset seperti energi alternatif dan efisiensi energi, identifikasi dan perkembangan materi baru dan berguna, dan kesempatan untuk melakukan proyeksi iklim yang lebih canggih. seperti prakiraan cuaca, riset iklim (termasuk riset pemanasan global, pemodelan molekul, simulasi fisik (seperti simulasi kapal terbang dalam terowongan angin, simulasi peledakan senjata nuklir, dan riset fusi nuklir), analisikrip, dan lain-lain. Militer dan agensi sains salah satu pengguna utama superkomputer.

                                                                                







Daftar Pustaka


http://www.olcf.ornl.gov/titan/

DOE/SC/Oak Ridge National Laboratory

http://www.suaramedia.com/computer-it/2011/03/25/titan-komputer-tercepat-sejagat-raya-buatan-as

http://www.voaindonesia.com/content/titan-komputer-super-tercepat-di-dunia/1535788.html

http://www.sidomi.com/tag/spesifikasi-superkomputer-titan/

http://www.infokomputer.com/berita/1-latest-news/5673-titan-superkomputer-tercepat
Next
This is the current newest page