1. Latar Belakang
1.1. Latar Belakang Masalah
Seiring perkembangan teknologi informasi
saat ini telah melahirkan suatu perangkat elektronik yang dinamakan komputer
sebagai salah satu media untuk mendapatkan informasi yang berguna sesuai dengan
kebutuhannya, selain itu komputer dapat membantu memecahkan masalah yang
dihadapi para pengguna dengan cepat, efektif dan efisien. Pembelajaran yang
baik dapat ditunjang dari suasana pembelajaran yang kondusif serta hubungan
komunikasi antara guru, siswa dapat berjalan dengan baik. Berangkat dari hal
tersebut multimedia interaktif dalam kelas dibangun atas dasar asumsi bahwa
proses komunikasi di dalam pembelajaran akan lebih bermakna (menarik minat
siswa dan memberikan kemudahan untuk memahami materi karena penyajiannya yang
interaktif), jika memanfaatkan berbagai media sebagai sarana penunjang kegiatan
pembelajaran, dari segi pengertian, multimedia interaktif dapat diartikan
sebagai kombinasi berbagai unsur media yang terdiri dari teks, grafis, foto,
animasi, video, dan suara yang disajikan secara interaktif dalam media
pembelajaran.
Pembelajaran dengan menggunakan
teknologi informasi melalui media elektronik berbasis multimedia membantu
menumbuhkan minat belajar secara mandiri mampu mengembangkan kreatifitas dan
pemahaman anak didik dalam belajar. Hal ini harus mulai dikenalkan sejak
jenjang pendidikan prasekolah sehingga potensi anak dapat digali sejak dini.
Sampai saat ini media yang sering
digunakan untuk mempelajari gerakan dan bacaan sholat adalah buku panduan
gerakan dan bacaan sholat yang disertai gambar, selain dengan buku juga dapat
mempelajarinya di Tempat Pembelajaran Al-quran (TPA) yang ada di masjid-masjid setempat. Selain
itu diatas dapat juga dimanfaatkan teknologi lain yang sedang berkembang pesat
yaitu komputer yang dapat dimanfaatkan didalam dunia pendidikan menggunakan
metode belajar dengan teknologi multimedia interaktif.
Multimedia interaktif mempunyai sifat yang nyaman dalam melakukan proses belajar. Multimedia interaktif umumnya disajikan dengan bahasa pemrograman yang bersifat visualisasi dan dengan menggunakan suara, teks, gambar. Dalam perkembangannya, teknologi multimedia sangat diperlukan dalam teknik pembelajaran. Dengan metode pembelajaran berbasis multimedia, diharapkan menambah semangat pelajar dan masyarakat umum terhadap bidang yang dibahas, selain itu pemahaman terhadap suatu materi akan lebih mudah untuk dimengerti dan dipahami jika disampaikan dengan metode visualisasi.
Berdasarkan uraian diatas maka dalam
penyusunan skripsi ini, penulis mengambil judul “Aplikasi Pembelajaran Gerakan dan Bacaan Sholat Berbasis Macromedia Flash”.
1.2. Perumusan
Masalah
Perumusan Masalah
dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.
Pembelajaran gerakan dan bacaan
sholat secara teoritis kepada anak dengan menggunakan media buku panduan belumlah
optimal.
2.
Bagaimana cara membuat aplikasi
pembelajaran yang interaktif, menarik, efektif dan efisien sehingga mampu
mempermudah anak prasekolah maupun masyarakat umum dalam mempelajari dan
memahami materi dalam pembelajaran gerakan dan bacaan sholat?
1.3. Batasan Masalah
1.
Penelitian ini dibatasi hanya pada gerakan dan bacaan sholat
saja.
2.
Penelitian
ini dibatasi hanya pada sholat fardu.
3.
Aplikasi Pembelajaran ini akan
diterapkan dengan menggunakan bahasa pemrograman Macromedia Flash.
1.4. Keaslian Penelitian
Penelitian tentang Aplikasi
Pembelajaran Gerakan dan Bacaan Sholat Berbasis Macromedia Flash sebagai metode
pembelajaran yang berbasis teknologi informasi, sepengetahuan penulis belum
pernah dilakukan khususnya pada TK-SD-SMP-SMA-MA dan Masyarakat pada umumnya.
Berikut beberapa penelitian sebelumnya yang berhubungan dengan penelitian:
1.
Erida, Suci (2007),
meneliti tentang Perangkat Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk Anak Prasekolah
(Play Group dan TK), permasalahan yang
terjadi sistem pembelajaran yang kurang interaktif dan efesien dalam
mempelajari dan memahami materi pembelajaran seperti mengenal huruf, angka,
warna, nama hewan, nama buah, bentuk benda, alat transportasi, dan organ tubuh.
Maka penulis membuat aplikasi perangkat pembelajaran berbasis multimedia
menggunakan Macromedia Flash 8.
Sistem ini diharapkan dapat membantu memberikan alternatif untuk membantu anak
didik prasekolah dalam menumbuhkan minat belajar anak dan memudahkan anak dalam
mempelajari berbagai materi pembelajaran.
2.
Mila, Rahmi (2007),
meneliti tentang Aplikasi Pembelajaran Interaktif untuk Anak Autis Berbasis
Multimedia, menghasilkan penelitian pembelajaran untuk anak autis yang masih
manual dan kurang interaktif membuat daya pikir serta daya ingat mereka masing-masing
kurang merespon. Maka penulis membuat aplikasi pembelajaran interaktif untuk
anak autis berbasis multimedia ini menggunakan Adobe Flash CS3 Profesional. Aplikasi ini agar dapat digunakan
sebagai media belajar yang lebih
efektif serta interaktif.
3.
Noviyanto, Fiftin,
(2008), meneliti tentang Membangun Sistem Pembelajaran Pengenalan Bentuk Untuk
Anak Berbasis Multimedia dan game Interaktif, menghasilkan penelitian bahwa
sistem pengbelajaran pengenalan bentuk untuk anak masih menggunakan gambar
poster untuk pembelajarannya dan media konvensional lainnya, sehingga sistem
pembelajaran belum mampu melakukan pembelajaran yang interaktif, menarik,
efektif, efisien dan bermakna dengan terwujudnya Aplikasi yang interaktif agar
mudah dipahami. Sehingga peneliti mengusulkan untuk menerapkan aplikasi yaitu
pembelajaran pengenalan bentuk untuk anak berbasis multimedia dan game
interaktif yang memenuhi unsur tutorial bentuk, menu game, menu evaluasi.
1.5. Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian yang dilakukan
adalah sebagai berikut:
1.
Memberikan kemudahan mengajar
dalam memperaktikkan gerakan dan bacaan shoat.
2.
Membantu tenaga pendidik dalam
penyampaian dan memperaktikkan materi pembelajaran sehingga lebih mudah untuk
dipahami anak didik prasekolah dengan aplikasi multimedia melalui gambar,
animasi dan suara yang menggunakan bahasa pemograman Macromedia Flash.
1.6. Tujuan Penelitian
Setiap penelitian yang sifatnya ilmiah sudah tentu mempunyai tujuan dan sasaran. Adapun
tujuan dari penelitian yang ingin dicapai adalah sebagai berikut :
1.
Memberikan alternatif
untuk membantu anak didik prasekolah dalam menumbuhkan minat belajar anak dan
memudahkan anak dalam mempelajari dan memperaktikkan gerakan dan bacaan sholat
serta berlatih terampil dan kreatif dalam mempelajari materi.
2.
Aplikasi ini diterapkan
sebagai sarana pembelajaran praktik melalui animasi
karakter bergerak, teks dan suara yang menggunakan bahasa pemograman Macromedia Flash.