Aplikasi Pembelajaran Gerakan dan Bacaan Sholat Berbasis Macromedia Flash

No comments

Aplikasi Pembelajaran Gerakan dan Bacaan Sholat Berbasis Macromedia Flash



1.   Latar Belakang
1.1.    Latar Belakang Masalah                                                                         
Seiring perkembangan teknologi informasi saat ini telah melahirkan suatu perangkat elektronik yang dinamakan komputer sebagai salah satu media untuk mendapatkan informasi yang berguna sesuai dengan kebutuhannya, selain itu komputer dapat membantu memecahkan masalah yang dihadapi para pengguna dengan cepat, efektif dan efisien. Pembelajaran yang baik dapat ditunjang dari suasana pembelajaran yang kondusif serta hubungan komunikasi antara guru, siswa dapat berjalan dengan baik. Berangkat dari hal tersebut multimedia interaktif dalam kelas dibangun atas dasar asumsi bahwa proses komunikasi di dalam pembelajaran akan lebih bermakna (menarik minat siswa dan memberikan kemudahan untuk memahami materi karena penyajiannya yang interaktif), jika memanfaatkan berbagai media sebagai sarana penunjang kegiatan pembelajaran, dari segi pengertian, multimedia interaktif dapat diartikan sebagai kombinasi berbagai unsur media yang terdiri dari teks, grafis, foto, animasi, video, dan suara yang disajikan secara interaktif dalam media pembelajaran.
Pembelajaran dengan menggunakan teknologi informasi melalui media elektronik berbasis multimedia membantu menumbuhkan minat belajar secara mandiri mampu mengembangkan kreatifitas dan pemahaman anak didik dalam belajar. Hal ini harus mulai dikenalkan sejak jenjang pendidikan prasekolah sehingga potensi anak dapat digali sejak dini.
          Sampai saat ini media yang sering digunakan untuk mempelajari gerakan dan bacaan sholat adalah buku panduan gerakan dan bacaan sholat yang disertai gambar, selain dengan buku juga dapat mempelajarinya di Tempat Pembelajaran Al-quran (TPA)  yang ada di masjid-masjid setempat. Selain itu diatas dapat juga dimanfaatkan teknologi lain yang sedang berkembang pesat yaitu komputer yang dapat dimanfaatkan didalam dunia pendidikan menggunakan metode belajar dengan teknologi multimedia interaktif.

          Multimedia interaktif mempunyai sifat yang nyaman dalam melakukan proses belajar. Multimedia interaktif umumnya disajikan dengan bahasa pemrograman yang bersifat visualisasi dan dengan menggunakan suara, teks, gambar. Dalam perkembangannya, teknologi multimedia sangat diperlukan dalam teknik pembelajaran. Dengan metode pembelajaran berbasis multimedia, diharapkan menambah semangat pelajar dan masyarakat umum terhadap bidang yang dibahas, selain itu pemahaman terhadap suatu materi  akan lebih mudah untuk dimengerti dan dipahami jika disampaikan dengan metode visualisasi.
           Berdasarkan uraian diatas maka dalam penyusunan skripsi ini, penulis mengambil judul “Aplikasi Pembelajaran Gerakan dan Bacaan Sholat Berbasis Macromedia Flash”.







1.2.      Perumusan Masalah
            Perumusan Masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.                  Pembelajaran gerakan dan bacaan sholat secara teoritis kepada anak dengan menggunakan media buku panduan belumlah optimal.
2.                  Bagaimana cara membuat aplikasi pembelajaran yang interaktif, menarik, efektif dan efisien sehingga mampu mempermudah anak prasekolah maupun masyarakat umum dalam mempelajari dan memahami materi dalam pembelajaran gerakan dan bacaan sholat?
1.3.      Batasan Masalah
1.                  Penelitian ini dibatasi hanya pada gerakan dan bacaan sholat saja.
2.                  Penelitian ini dibatasi hanya pada sholat fardu.
3.                  Aplikasi Pembelajaran ini akan diterapkan dengan menggunakan bahasa pemrograman Macromedia Flash.
1.4.      Keaslian Penelitian
            Penelitian tentang Aplikasi Pembelajaran Gerakan dan Bacaan Sholat Berbasis Macromedia Flash sebagai metode pembelajaran yang berbasis teknologi informasi, sepengetahuan penulis belum pernah dilakukan khususnya pada TK-SD-SMP-SMA-MA dan Masyarakat pada umumnya.
Berikut beberapa penelitian sebelumnya yang berhubungan dengan penelitian:
1.             Erida, Suci (2007), meneliti tentang Perangkat Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk Anak Prasekolah (Play Group dan TK), permasalahan  yang terjadi sistem pembelajaran yang kurang interaktif dan efesien dalam mempelajari dan memahami materi pembelajaran seperti mengenal huruf, angka, warna, nama hewan, nama buah, bentuk benda, alat transportasi, dan organ tubuh. Maka penulis membuat aplikasi perangkat pembelajaran berbasis multimedia menggunakan Macromedia Flash 8. Sistem ini diharapkan dapat membantu memberikan alternatif untuk membantu anak didik prasekolah dalam menumbuhkan minat belajar anak dan memudahkan anak dalam mempelajari berbagai materi pembelajaran.
2.             Mila, Rahmi (2007), meneliti tentang Aplikasi Pembelajaran Interaktif untuk Anak Autis Berbasis Multimedia, menghasilkan penelitian pembelajaran untuk anak autis yang masih manual dan kurang interaktif membuat daya pikir serta daya ingat mereka masing-masing kurang merespon. Maka penulis membuat aplikasi pembelajaran interaktif untuk anak autis berbasis multimedia ini menggunakan Adobe Flash CS3 Profesional. Aplikasi ini agar dapat digunakan sebagai media belajar yang lebih efektif serta interaktif.
3.             Noviyanto, Fiftin, (2008), meneliti tentang Membangun Sistem Pembelajaran Pengenalan Bentuk Untuk Anak Berbasis Multimedia dan game Interaktif, menghasilkan penelitian bahwa sistem pengbelajaran pengenalan bentuk untuk anak masih menggunakan gambar poster untuk pembelajarannya dan media konvensional lainnya, sehingga sistem pembelajaran belum mampu melakukan pembelajaran yang interaktif, menarik, efektif, efisien dan bermakna dengan terwujudnya Aplikasi yang interaktif agar mudah dipahami. Sehingga peneliti mengusulkan untuk menerapkan aplikasi yaitu pembelajaran pengenalan bentuk untuk anak berbasis multimedia dan game interaktif yang memenuhi unsur tutorial bentuk, menu game, menu evaluasi.

1.5.      Manfaat  Penelitian
            Manfaat penelitian yang dilakukan adalah sebagai berikut:
1.                  Memberikan kemudahan mengajar dalam memperaktikkan gerakan dan bacaan shoat.
2.                  Membantu tenaga pendidik dalam penyampaian dan memperaktikkan materi pembelajaran sehingga lebih mudah untuk dipahami anak didik prasekolah dengan aplikasi multimedia melalui gambar, animasi dan suara yang menggunakan bahasa pemograman Macromedia Flash.
1.6.      Tujuan Penelitian
Setiap penelitian yang sifatnya ilmiah sudah tentu  mempunyai tujuan dan sasaran. Adapun tujuan dari penelitian yang ingin dicapai adalah sebagai berikut :

1.             Memberikan alternatif untuk membantu anak didik prasekolah dalam menumbuhkan minat belajar anak dan memudahkan anak dalam mempelajari dan memperaktikkan gerakan dan bacaan sholat serta berlatih terampil dan kreatif dalam mempelajari materi.
2.             Aplikasi ini diterapkan sebagai sarana pembelajaran praktik melalui animasi karakter bergerak, teks dan suara yang menggunakan bahasa pemograman Macromedia Flash.